Indonesia-Japan Interlingual & Intercultural Study Program

Indonesia-Japan Interlingual & Intercultural Study Program



Tahun ini kunjungan dari Hyogo Kenritsu University merupakan kegiatan kedua yang diselnggarakan selama 8 hari dari 26 Agustus - 3 September 2017. Kali ini rombongan berjumlah 13 orang mahasiswa semester 3 Fakultas Ekonomi bidang International Carrier beserta 1 orang dosen pendamping yaitu Suehiro sensei.

Dalam kunjungan kali ini, banyak sekali kegiatan yang dikemas untuk mencapai target yaitu mengenal keberagaman budaya, bahasa, agama antara Jepang-Indonesia, sehingga mahasiswa yang terlibat dapat meningkatkan pemahaman terhadap keberagaman dan dapat menemukan teman dari beda negara juga dapat lebih mengenal bangsanya sendiri melalui pandangan orang dari beda negara. Kegiatan yang dilaksanakan berupa pengenalan budaya Bali melalui belajar menari Bali, alat musik Bali (Gender), pelajaran bahasa Indonesia, Budaya & Filosofi orang Bali dalam bahasa Inggris, mengunjungi SD Saraswati, berkunjung ke rumah-rumah orang Bali dan makan malam bersama, melihat proyek Mikro Hidro di kawasan Warisan Budaya Dunia di Jatiluwih dan interview ke orang-orang lokal di Bali.

Mahasiswa STIBA Saraswati yang dilibatkan untuk bertindak menjadi tutor setiap mahasiswa dari Jepang terdiri dari mahasiswa Sastra Inggris dan Sastra Jepang. Semuanya sangat antusias mengikuti program ini, dan mendapatkan banyak sekali pengalaman berharga yang menstimulasi motivasi mereka untuk belajar lebih sungguh-sungguh lagi dan mengejar impiannya masing-masing.
Di akhir acara, semua peserta memberikan kesan dan pesan sambil berlinang air mata, merasa berat untuk berpisah. Namun satu sama lainnya saling berharap dapat bertemu lagi di suatu hari nanti dan tidak akan melupakan pengalaman berharga ini.
Sampai jumpa, kokoro no tomo-ku!


Back to Top