Charity Week V “Kindness cherish you, me and them.”

Charity Week V “Kindness cherish you, me and them.”

Puncak acara charity week STIBA Saraswati Denpasar tahun ini jatuh pada hari, Sabtu, 15 Desember 2018 yang bertempat di Panti Asuhan Salam di Tabanan dengan tema “Kindness cherish you, me and them”. Serangkaian dengan acara ini juga diselenggarakan pelatihan bahasa Inggris sehari sebelumnya pada tanggal 14 Desember 2018. Dasar dari kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian mahasiswa terhadap terhadap sesama dan membantu menghibur anak-anak yang berada di panti asuhan.
Kondisi panti ini terbilang sudah nyaman karena ada 2 area bangunan dimana anak-anak panti perempuan dipisahkan dengan anak-anak pria tetapi ada area di panti ini yang masih dalam renovasi. Di panti ini ada sekitas 32 orang dari yang masih kecil hingga yang sudah remaja yang kebanyakan adalah anak-anak kurang mampu dan anak yatim piatu dan ada 5 orang staff panti dan 1 pemilik panti. Walaupun panti ini masih dalam renovasi tetapi anak-anak ini terlihat sangat bersemangat dan antusias ketika kegiatan ini berlangsung.
Kegiatan pengumpulan sumbangan dimulai dari tanggal 10 s/d 13 Desember 2018 berupa pakaian, sembako, alat-alat tulis, alat-alat kebersihan, obat-obatan, dan juga berupa uang oleh seluruh mahasiswa dan dosen dari STIBA Saraswati Denpasar yang diharapkan akan berguna bagi anak-anak di panti asuhan tersebut. Sementara itu beberapa mahasiswa dari UKM kami yang juga mengisi waktu dengan melakukan program pelatihan bahasa Inggris kepada anak-anak panti tersebut.
Mengawali puncak acara, beberapa anak-anak perempuan panti asuhan memberikan sambutan dengan sebuah tarian yang dibawakan dengan ekspresif dan juga menampilkan nyanyian paduan suara oleh anak-anak perempuan dan laki-laki yang mana membuat undangan mahasiswa ukm/organisasi kagum atas penampilan dari anak-anak tersebut. Setelah sambutan-sambutan yang diberikan oleh Bapak Ketua STIBA Sarawati Denpasar serta Bapak Gusti Ketut Suardana selaku Pimpinan Panti Asuhan Salam. Lalu acara dilanjutan dengan games bersama anak-anak dan mahasiswa. Permainan dari kegiatan ini berupa tebak gambar, rebut kursi, estafet karet, pesan berantai dan lain-lain. Kegiatan ini sangat disambut hangat dan semangat oleh anak-anak di panti asuhan tersebut.
Diakhir acara, Kegiatan ini diabadikan dengan beberapa foto bersama sebagai kenang-kenangan. Tentunya kegiatan ini berlangsung sangat lancar berkat komunikasi yang baik antar mahasiswa, dosen, dan pihak-pihak yang telah sangat membantu dalam kegiatan ini.  Banyak hal yang bisa kita pelajari dari anak-anak ini yaitu rasa ingin saling membantu, peduli, menghargai, menghormati, menjaga satu sama lain dan yang paling penting yang bisa kita pelajari sebagai salah satu manusia yang beruntung tanpa kekurangan apapun jika dibandingkan dengan mereka karena manusia memang selalu tidak akan pernah merasa puas atas apa yang telah mereka miliki “Lihatlah kebawah untuk merasakan rasa bersyukur, dan lihatlah keatas untuk rasa memotivasi diri sendiri”.


Back to Top