Pelatihan Bahasa Inggris di Daerah Wisata

Pelatihan Bahasa Inggris di Daerah Wisata

Semangat membara disalurkan oleh anak-anak bangsa yang bernaung di bawah sebuah organisasi yang merupakan unit kegiatan mahasiswa di salah satu Sekolah Tinggi Bahasa Asing di Denpasar, yaitu STIBA Saraswati Denpasar. Organisasi tersebut bernama STIBA English Club atau yang lebih dikenal dengan sebutan SEC. STIBA English Club merupakan sebuah organisasi dimana anggotanya dapat belajar dan melatih bahasa Inggris mereka. Bukan hanya belajar tentang bahasa Inggris tetapi di dalam STIBA English Club juga belajar tentang tanggung jawab dan kepemimpinan. Salah satu program dari STIBA English Club yaitu merujuk pada salah satu poin dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat, SEC mengadakan program English Teaching kepada anak-anak di daerah pelosok untuk meningkatkan minat belajar bahasa Inggris kepada anak-anak di daerah pelosok. Selain itu program ini tidak hanya ditujukan untuk melatih anak-anak pelosok, tetapi tujuan utamanya adalah untuk melatih anggota SEC menjadi seorang pengajar dan menumbuhkan sikap kepemimpinan mereka.
Pada tahun 2018, STIBA English Club mendapat kesempatan untuk menjalankan program ini di salah satu daerah tujuan wisata, yaitu Jatiluwih. Jatiluwih dikenal sebagai salah satu warisan dunia karena pemandangannya yang sangat indah dengan sistem irigasi sawah sehingga menciptakan pemandangan terasering yang luar biasa indahnya. Pemandangan inilah yang menemani anggota SEC ketika berangkat mengajar setiap hari Sabtu di tiga sekolah dasar yang terletak di desa Jatiluwih, yaitu SD Negeri 1 Jatiluwih, SD Negeri 2 Jatiluwih, dan SD Negeri 3 Jatiluwih. Dalam pelaksanaannya, anggota SEC dibagi menjadi beberapa kelompok dengan satu orang sebagai project manager. Program ini telah berjalan sejak 2016 dan hingga saat ini masih tetap berjalan. Metode pembelajaran yang menyenangkan yang dilaksanakan didasari oleh pendekatan yang tidak hanya menyentuh pikiran para murid, tetapi juga tubuh, emosi dan jiwa. Ada 6 sesi yang dilaksanakan setiap pertemuannya, yaitu: sesi imajinasi, sesi English Teaching, sesi Games/Ice Breaker, sesi Story Telling, sesi Diary Writing dan sesi refleksi.
Outreach program ini telah memberikan pengalaman dan perubahan yang luar biasa pada setiap individu yang terlibat dalam kegiatan ini. Selain kepercayaan diri mereka yang meningkat, mereka juga mendapatkan ilmu pengembangan potensi diri, kerjasama tim, berdampak pada perbaikan karakter positif pada diri mereka.


Back to Top