Program Studi Sastra Jepang

Visi, Misi Program Studi Sastra Jepang STIBA Saraswati Denpasar

Visi

Visi PS Sastra Jepang adalah menjadi Program Studi unggulan dalam bidang bahasa dan sastra Jepang melalui proses Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang profesional dan mampu bersaing dalam dunia kerja pada tahun 2015

Misi
Untuk mewujudkan Visi Program Studi Sastra Jepang STIBA Saraswati Denpasar, maka Misi Program Studi Sastra Jepang adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan bahasa dan sastra Jepang yang berkualitas.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dalam bidang kejepangan.
  3. Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat.
  4. Menjalin kemitraan melalui MoU dengan berbagai institusi pengguna baik regional, nasional dan internasional dalam rangka meningkatkan keterampilan berbahasa para  lulusan agar mampu berkompetisi di dunia kerja.


Struktur Kurikulum
Kurikulum sebagai satu sistem perangkat instruksional yang harus diselesaikan untuk tercapainya suatu Profil spesialisasi STIBA Saraswati Denpasar, disusun dalam struktur yang sangat fleksibel namun menunjukkan alur proses belajar yang jelas. Masukan mahasiswa yang masih heterogen kemampuan bahasa asingnya, dengan kurikulum yang jelas alurnya ini akan berproses menuju kemampuan bahasa asing yang homogen, namun dibekali spesifikasi keahlian profesional yang berbeda-beda, sesuai dengan pilihannya masing-masing. Struktur Kurikulum STIBA Sarswati Denpasar didesain secara single-entry namun menghasilkan multi-exit.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No.232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa. Dalam pedoman penyusunan kurikulum ini, pengelompokan mata kuliah yang semula terdiri dari MKU, MKDU, MKDKU, MKDKA, MKK, MKP, diubah menjadi kelompok MPK, MKK, MKB, MPB dan MBB. Semua kelompok mata kuliah ini dibagi menjadi kurikulum inti dan institusional. Kurikulum Inti ditentukan berkisar antara 40%-80% dari jumlah SKS kurikulum program sarjana.

Dalam ketentuan umum keputusan Menteri Pendidikan Nasional NO. 232/U/2000 disebutkan bahwa yang dimaksud dengan :

  1. Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran untuk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, berkepribadian mantap, dan mandiri serta mempunyai rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan
  2. Kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK). Kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan keterampilan tertentu.
  3. Kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB). Kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  4. Kelompok Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB). Kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  5. Kelompok Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB). Kelompok bahan kajian dan pelajaran yang diperlukan seseorang untuk dapat memahami kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.
Mata Kuliah Program Studi Bahasa dan Sastra Jepang
Mata kuliah yang diberikan oleh STIBA Saraswati untuk program studi Sastra dan Bahasa Jepang adalah sebagai
Back to Top